Sabtu, 09 Mei 2009

Penyakit Latah

Maybe kita sering banget liat orang latah(or kita sendiri yang latah ya). Dikagetin latah, diusilin latah. Kadang-kadang kasian juga ya. Nah maka dari itu, Kgem mo jelasin tentang Latah.
Latah dibagi menjadi dua macam yaitu verbal dan non-verbal. Latah verbal adalah latah yang dilakukan memalui percakapan, misalnya menyebutkan kata “eh copot” atau kata lain saat kaget. Selain itu terdapat latah non verbal yang berarti latah yang berupa gerak tubuh. Misalnya saat kaget, ia melompat-lompat tidak jelas.


Banyak sekali penyebab adanya penyakit latah ini. Contohnya adalah adanya gangguan perkembangan tertentu atau biasa disebut schizophrenia. Selain itu, latah juga sering diderita oleh anak-anak autis. Kemudian ada juga karena gangguan tic atau tourette syndrome. Duh pusing banget yaw.
Tetapi, penyebab latah tidak hanya itu lho. Biasanya, latah juga disebabkan oleh dorongan alam bawah sadar (kayak the master aja). Banyak banget dorongannya seperti ingin banget menjadi pusat perhatian atau karena latah adalah trend.
What’s trend?? Ternyata ada lho kelompok seseorang yang menganggap latah sebagai ajang ke-eksis-itas mereka. Aneh.. aneh.. aja ya. Lalu, ada juga yang mau latah agar bisa menjadi pusat perhatian (sebagai bahan tertawaan sih).
Ternyata latah memiliki dampak negative lho. Biasanya orang yang latah kurang sukses dalam menjalin hubungan sosial. Selain itu, orang yang latah mempunyai kemungkinan untuk mengalami gangguan kepribadian seperti mudah cemas dan bingung.
Lalu gimana nih cara mengatasinya?? Untuk latah kadar ringan ada tips untuk mengakalinya
1.Bersikap tenang. Contohnya kalau kaget, cepat-cepat tarik nafas dalam-dalam atau menyanyi pelan-pelan.
2.Bikin hukuman untuk diri sendiri. Maksudnya kalau kita latah, berilah hukuman. Contohnya kalau latah, dana untuk membeli kaos dikurangi Rp.10.000,00. Dan jangan lupa lakukan secara konsisten atau teratur.
3.Yakinkan diri kita kalau kita bisa tidak latah. If you think you can, you can
4.Jika belum bisa, minta bantuan teman dong. It’s what friend as for. So bilang teman-teman untuk tidak mengejek atau membuat kaget sehingga tidak latah deh.

Mudah-mudah yang dapa kuberikan ini dapat berguna.


0 komentar:

Kelly_talkiNg2 © 2008 Por *Templates para Você*