Sabtu, 02 Mei 2009

Hari Pendidikan Nasional



Hem…. Hari ini Kgem mo bahas tentang Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei Hari Pendidikan pasti identik dengan sosok tokoh pendidikan, oke? Nah, tokoh pendidikan yang sangat-sangat disanjung ini tak lain tak bukan adalah Pak Ki Hajar Dewantoro (yang bernama asli R.M. Suwardi Suryaningrat). Pingin tahu kenapa sih Hari Pendidikan harus dirayakan dan apa yang dapat kita petik dari Hari Pendidikan tahun ini? Hem…. Nah makanya, kalian baca terus yaw talking2 ala Kgem.



Pak Ki Hajar Dewantara pertama kali bekerja sebagai jurnalis pada beberapa surat kabar dan bersama EFE Douwes Dekker, mengelola De Expres. Kemudian Ki Hajar dewantara aktif di dalam Budi Utomo dan bersama-sama Cipto Mangunkusumo serta Doewes Dekker (yang akhirnya ketiga orang ini dijuluki 3 Serangkai) ini kemudian mendirikan Indische Partij. TApi perjuangan Ki Hajar Dewantara tidak hanya itu. Saat penjajahan Jepang, dengan berani Ki HAjar beserta Ir.Soekarno. Moh.Hatta serta Ki Haji Mas Mansur (yang akhirnya dijuluki 4 serangkai) ini mendirikan serta memimpin oganisasi bernama Putera yang pada akhirnya, saat merdeka, Ki HAjar Dewantara menjadi Menteri Pengajar Pertama di negeri pertiwi ini. Keren kan??
Nah yang pasti yang paling kita ingin dari beliau adalah ajarannya yaitu Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri HAndayani. Ing Ngarso sung tuladha berarti menjadi pemimpin di depan harus menjadi contoh yang baik bagi anak buahnya. Kemudian Ing Madyo Mangun Karsa berarti seorang pemimpin di tengah kesibukannya member arahan, ia juga harus member motivasi/ semangat bagi para anak buahnya agar mau berusaha keras. Sedangkan yang terakhir adalah Tut Wuri Handayani yang berarti di belakang, seorang pemimpin harus memberikan dorongan moral/semangat.
Kemudian untuk mengenang jasa-jasa beliau yang sangat luhur ini, maka diperingatilah HARI PENDIDIKAN NASIONAL YANG JATUH PADA TANGGAL 2 MEI. Sekarang kita sudah memiliki banyak fasilitas seperti adanya sekola gratis yang diperuntukkan untuk anak-anak SD dan SMP. Kemudian adanya sekolah SBI yang memiliki fasilitas sama seperti luar negeri. Melihat hal ini seharusnya dengan berbagai fasilitas ini dapat memacu kita untuk belajar lebih baik lagi demi masa depan bumi pertiwi ini. Indonesia!! Jaya!!!



0 komentar:

Kelly_talkiNg2 © 2008 Por *Templates para Você*