Rabu, 22 April 2009

Sejarah huruf



Kali ini Kgem mo cerita tentang huruf. Kayaknya biasa-biasa aja deh nggak penting. Tapi apa kalian tahu sejarah huruf yang sudah kita kenal sejak belajar membaca ini?

FROM CANAAN
Nenek moyanghuruf berasal dari Mesir Kuno. Pada saat itu, bentuknya seperti gambar. Kita menyebutnya hieroglyph. Kemudian orang canaan menyempurnakannya. Canaan adalah kota di Palestrina. Mereka melengkapi kekurangan hieroglyph dan menyederhanakan bentuknya. Mereka juga menyusunnya secara berurutan. Susunan ini kita kenal sebagai abjad. Ini terjadi sekitar 4700 tahun yang lalu.

MENCIPTAKAN TANDA HURUF
Penduduk Canaan adalah petani. Bagi mereka, kekayaan paling utama adalah lembu jantan. Lembu jantan berharga karena bisa membantu membajak sawah. Orang Canaan menyebut lembu jantan dengan "aleph". kemudian kekayaan kedua adalah rumah dan mereka menyebutnya "bet"
Ketika orang Canaan akan membuat huruf, mereka ingin huruf pertama yaitu "aleph" yang berbentuk kepala lembu dan huruf kedua yaitu "bet" yang berbentuk botol tetapi seperti kotak.

DARI ROMAWI SAMPAI SEKARANG
Sekitar 500 tahun yang lalu, bangsa Phoenicia menyempurnakan huruf Canaan tadi. Mereka menyederhanakan menjadi coretan garis sederhana. Hampir 2000 tahun setelahnya bangsa Romawi menyempurnakannya menjadi huruf yang kita kenal sampai sekarang.

Nah itu tadi yang dapat Kgem berikan. Semoga bermanfaat


0 komentar:

Kelly_talkiNg2 © 2008 Por *Templates para Você*